Tuesday 27 September 2016

Sejarah Winamp Digital Player Akan Pensiun

Siapa yang tidak mengenal software pemutar music Winamp. Setelah selama 15 tahun beredar di internet, pemutar musik digital Winamp yang sempat populer dikalangan pengguna komputer, akan menjadi tinggal kenangan dalam waktu dekat. Menurut info yang bang garenk dapatkan dari catatan singkat website Winamp, media player tersebut sudah tidak bisa lagi diunduh setelah 20 Desember 2013, why? why? bahkan termasuk tidak dapat mengakses di laman Winamp.com dan layanan web terkait lainnya. 

Ok kita flashback pada masa kejayaan Winamp yaitu terjadi sekitar akhir 1990an dan awal 2000an, ketika itu Winamp merupakan salah satu layanan internet yang digunakan secara luas untuk mendengarkan musik dan streaming radio. Pupularitas Winamp kemudian mulai meredup ketika layanan lain seperti iTunes dan Windows Media Player muncul di web, namun Winamp masih memiliki tempat special dihati sebagian pengguna. Winamp dikembangkan oleh dua mahasiswa dari Universitas of Utah Justin Frankel dan Dmitry Boldrev. Setelah diluncurkan pada tahun 1997, Winamp langsung menyedot perhatian dan meraih popularitas bersamaan dengan menjalarnya demam sharing file MP3. 

Kemudian AOL lah yang mengakusisi Winamp pada tahun 1999 sekaligus menguasai perusahaan Nullsoft milik Frankell dengan memborong saham senilai 80 juta USD. Pada tahun 2007 Winamp sempat merilis edisi 10th  Anniversary edition, namun sebagian orang saat itu telah beralih pada layanan musik digital yang lebih modern. Selain itu, setalah mengalami kesulitan selama bertahun-tahun Winamp akhirnya merilis versi Android dan Mac masing-masing pada tahun 2010 dan 2011, namun kurang memperoleh tanggapan positif karena sudah sangat tertinggal.

Sumber: http://www.bhinneka.com/






0 komentar:

Post a Comment