Monday 17 October 2016

Apa Itu Keputihan? Bagaimana Menanganinya.

Hallo teman-teman, bagaimana kabarnya kali ini, pasti sehatkan. Pastilah, karena sehat itu mahal ya teman-teman. Oke kali ini bang garenk mau kasih info mengenai kesehatan ni. Karena tempo hari tetangga bang garenk dari kecamatan desa Kepala yang namanya mpok pipih cerita mengenai kesehatan yang dialaminya. Apa sih sakitnya mpok pipih? Tempo hari tuh mpok pipih mengeluh ke mpok item klo dibagian intimnya sering basah dan keluar lendir gitu klo orang bilang sih Keputihan namanya, pasti teman-teman khususnya wanita tahu ya akan penyakit ini dan umumnya yang diserang adalah wanita loh. Nah abis itu mpok item langsung merekomendasikan ke mpok pipih supaya cepat berobat ke dokter jidat spesialis kebidanan di RS. Cepat Sehat.

Setelah mpok pipih konsultasi ke dokter jidat spesialis kebidanan, ternyata benar saja yang dialaminya itu adalah keputihan. Dok sebenarnya apa sih keputihan itu? tanya mpok pipih. Keputihan itu mpok atau disebut juga Flour Albus merupakan sekresi vaginal pada wanita, dan ada 2 golongan dasar pada keputihan itu mpok, yang pertama itu Fisiologis atau keputihan normal dan yang kedua itu Patologis atau keputihan abnormal. Bedanya apa dok? Bedanya adalah kalau Fisiologis itu biasanya sering dialami wanita ketika menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi bahkan di masa subur, sedangkan Patologis itu disebabkan oleh infeksi dari bakteri, virus, jamur atau juga parasit, biasanya ciri-ciri dari Patologis ini adalah disertainya rasa gatal di bagian dalam dan dibagian luar intim mpok pipih. Nah mpok pipih keluhannya apa ni? Hmmn kayanya saya golongan yang Patologis deh dok, karena ada gatal dan keluar cairan gitu. Cairannya ada warna mpok? tanya dokter jidat. Ada dok warna putih kekuningan. 

Penyebabnya

Oiya dok bakteri, virus, jamur & parasit itu biasanya dari mana sih? apa dari makanan? Bakteri, virus dll itu tidak dari makanan mpok, itu dari ketidak bersihan mpok pipih dalam menjaga bagian intimnya, misal ni, pada saat mpok pipih BAK (Buang Air Kecil) air yang digunakan untuk membersikan tidak bersih, bisa juga karena celana dalam yang dipakai itu kotor atau sudah terkontaminasi bakteri tersebut, itu salah satu faktor penyebab keputihan Patologis mpok. 
Pembersihan Oleh Dokter Spesialis
Pada saat pembersihan di vagina bagian dalam biasanya dokter spesialis menggunakan alat yang dinamakan Spekulum atau cocor bebek untuk membuka bagian dalamnya. 
Dan alat kedua yaitu Sponge Holder Forcep nah ini untuk memasukan kapas atau sejenisnya yang sudah diberikan betadin kedalam dinding vagina dalam.
Setelah langkah awal pembersihan ini selesai biasanya pasien diberikan obat yang untuk dimasukan ke bagian dalam vagina dan obat yang untuk diminum, pemberian obat biasanya tergantung dari seberapa level penyakitnya, nah kebetulan sih mpok pipih ini hanya dapat 2 obat yaitu Fladystin Ovula buat dibagian dalam dan Cefspan 100Mg/Kapsul untuk diminum. 

Pemulihan & Pencegahan

Oke mpok, obatnya dihabiskan ya. Jangan lupa nanti kalau selesai BAK mpok pipih bersihkannya pakai air matang, jadi mpok harus siapkan ni air matangnya yang banyak buat persediaan dirumah atau ketika sedang diluar, Oiya ketika sedang masak airnya jangan lupa ditutup ya mpok, supaya kotoran tidak masuk ke dalam airnya, kalau kotorannya masuk nanti sama aja. Ketika sudah mendidih dinginin mpok airnya dengan cara dibuka tuh tutupnya sebagian supaya uapnya keluar. Terus kalau sudah dingin jangan lupa ditutup lagi tuh airnya. Nah untuk celana dalamnya nanti setelah dicuci pakai sabun langsung direbus ya mpok. Karena bakteri itu mati pada suhu panas di 100 Drajat. Buat pembersih tambahan pakai Absolute atau Lactacyd juga mpok biar lebih steril lagi.

Kalau mpok sudah punya suami, libur dulu ya untuk bersenggamanya selama 1 minggu. Kenapa dok? Karena nanti ditakutkan bakterinya berpindah ke kulit kemaluan suaminya mpok. Berobatnya jadi gak efektif deh. Dok kalau pakai air daun sirih tidak apa-apa kan? Pakai itu juga tidak masalah mpok, karena pada umumnya daun sirih itu bersifat antiseptik. Ooh gitu dok. Cepet sembuh ya mpok pipih jangan lupa dijaga kebersihan bagian intimnya, biasakan dengan kebersihan diri sendiri ya mpok. 

Bagaimana teman-teman semoga kisah mpok pipih dan penjelasan dokter jidat dapat bermanfaat ya. Ingat juga awali kebersihan pada diri sendiri dulu, karena sehat itu mahal. Thanks a Lot, Salam berbagi.
 

1 comment:

  1. Merkur 34C Review | Claim your Merkur 34C!
    › merkur-34c › merkur-34c Merkur 메리트 카지노 34C is the 인카지노 most reliable classic safety razor with a beautifully designed design and a long handle which provides quick access to งานออนไลน์ your

    ReplyDelete