Sunday 9 October 2016

Mengenal Marka Jalan Buat Pengemudi, Kalian Harus Tahu #3

Hallo teman-teman, ada yang tahu apa itu marka jalan? Yups, marka jalan adalah tanda yang berada di permukaan jalan atau di atas permukaan jalan yang meliputi peralatan atau tanda yang membentuk garis membujur, garis melintang, garis serong serta lambang lainnya yang berfungsi sebagai petunjuk arah lalu lintas dan membatasi daerah kepentingan lalu lintas.

Marka jalan juga sebagai salah satu faktor penyelamat di jalan raya loh teman-teman. Faktor lainnya adalah ketertiban pengendara & kedisiplinan sih pengendara dalam mematuhi peraturan lalu lintas. Nah sekarang bang garenk mau kasih sedikit pemahaman buat teman-teman mengenai marka jalan. Check it out

Marka Garis Membujur

Adalah marka yang sejajar dengan sumbu jalan, dan ada 3 (tiga) jenis marka garis membujur seperti dibawah ini :

 A.  Marka garis membujur penuh (tidak terputus). Pada marka ini pengemudi dilarang melintasi marka ini atau sih pengendara tidak boleh menyalip/mendahului dijalur yang ada marka seperti ini. Biasanya marka ini ada pada tempat-tempat yang mengandung bahaya, seperti tikungan, tanjakan, turunan atau tempat yang ramai. Teman-teman tidak boleh ya menyalip/mendahului kendaraan lain pada marka ini, agar perjalanan teman-teman lebih safety lagi.

B.  Marka garis membujur putus-putus. Pada marka ini pengemudi boleh melintasi atau diperbolehkan menyalip/mendahului kendaraan lain. Jika teman-teman sedang buru-buru karena ada agenda yang harus di kejar, teman-teman boleh ni menyalip/mendahului kendaraan lain pada marka ini, tapi ingat tetap dijaga kecepatannya supaya lebih aman diperjalanan.

C.   Marka garis membujur kombinasi penuh dan putus-putus. Marka ini menjelaskan bahwa pengemudi yang berada di sisi jalan yang lebih dekat dengan marka putus-putus, boleh melintasi/mendahului kendaraan pada marka kombinasi. Sebaliknya pengemudi yang berada di sisi jalan yang lebih dekat dengan marka penuh, maka dilarang melintasi/mendahului marka tersebut. Nah pada marka ini teman-teman harus hati-hati ya, harus lihat posisi kendaraannya berada di sebelah mana kalau mau menyalip/mendahului.

Marka Garis Melintang
Adalah marka yang tegak lurus terhadap sumbu jalan. Marka ini berfungsi untuk mengingatkan sih pengendara untuk berhenti atau mengurangi kecepatan. Marka ini juga berfungsi untuk menguatkan rambu dan traffic light seperti gambar dibawah ini :

A.  Marka garis melintang utuh. Marka ini menguatkan rambu stop dan traffic light sebagai tanda berhenti kendaraan. Teman-teman pasti pernah lihat ya marka ini di tempat penyebrangan orang.
  • Rambu STOP segi lima merah : Pengemudi harus berhenti untuk mengamati situasi persimpangan. Apabila dirasa aman, baru masuk ke persimpangan.
B.  Marka garis melintang putus-putus. Marka ini menguatkan rambu hati-hati sebagai tanda batas berhenti untuk memberikan kesempatan mendahulukan kendaraan lain yang telah ditetapkan oleh rambu.
  • Rambu Segitiga bingkai merah : Pengemudi harus mengurangi mengurangi kecepatan (tidak harus sampai berhenti) untuk mengamati situasi persimpangan. Apabila dirasa aman, baru memasuki persimpangan.
Marka Serong 

Adalah marka yang membentuk garis utuh yang tidak termasuk dalam pengertian marka membujur atau marka melintang. Gunanya untuk menyatakan suatu daerah di permukaan jalan yang bukan merupakan jalur lalu lintas kendaraan. Mungkin teman-teman pernah melihat marka ini ketika melintasi 2 (dua) jalur yang akan bertemu dari 2 (dua) arah yang berbeda.


A.: Setelah ini akan ada pemisahan arus jalan dari satu menjadi dua arus jalan
B: Setelah ini akan ada penyatuan arus jalan dari dua menjadi satu arus jalan
C: Ada area khusus untuk mobil yang bermasalah, di tengahnya kadang disiapkan juga drum berisi air untuk air radiator. Marka ini biasanya ditemui di jalan tol.


Bagaimana teman-teman, sekarang tahu kan marka jalan yang pernah teman-teman lihat. Mungkin sebagian orang paham akan hal ini, namun sebagian besar pun ada yang kurang paham. Marka jalan jika digunakan dengan baik yaitu tertib dan disiplin bang garenk jamin akan minim pula keruwetan dijalan yang dapat menyebabkan kecelakaan. Demikianlah info dari bang garenk semoga bermanfaat buat teman-teman, demi kenyamanan dalam berkendara harap teman-teman tertib terhadap lalu lintas ya. Thanks a Lot, Salam Berbagi.

0 komentar:

Post a Comment