Friday 30 September 2016

Aplikasi Qlue, Aplikasi Pengaduan Masyarakat ke Pemerintah Setempat

Hallo teman-teman sekalian, kembali lagi ni bang garenk mau kasih info yang gak kalah seru dengan info-info sebelumnya. Bang garenk mau kasih tahu ni buat teman-teman sekarang ada aplikasi yang memudahkan kita dalam hal pengaduan ke pemerintah loh. Aplikasi Qlue namanya aplikasi yang benar-benar 100% dibuat oleh anak bangsa loh teman-teman. Qlue ini berasal dari kata Keluhan, jadi memang benar-benar aplikasi untuk menampung keluhan masyarakat. Oiya teman-teman, selain pengaduan ke pemerintah aplikasi ini juga menyediakan pengaduan ke pihak swasta juga. 

Teman-teman mungkin heran pengaduan seperti apa sih yang di sediakan oleh aplikasi Qlue ini? Nah inilah yang akan bang garenk infoin ke teman-teman sekalian. Jadi pada aplikasi Qlue ini teman-teman akan disajikan topic keluhan seperti lampu jalan mati, jalan rusak, coretan dinding, kemacetan, sampah berserakan dll seperti gambar dibawah ini.

Dan fantastisnya keluhan teman-teman akan direspon loh dengan cepat oleh pemerintah setempat. Kok bisa sih? Yup inilah keunggulan dari aplikasi ini, dimana aplikasi yang dibuat sudah terintegrasi ke pemerintah setempat, selain memudahkan teman-teman dalam hal melaporkan, aplikasi ini juga membantu pemerintah dalam menganalisis dan memetakan permasalahan yang ada di ibukota.

Dari data laporan Qlue yang dilansir oleh Vivanews pada tanggal 31 Mei 2016 bahwa terdapat 5 topic utama yang banyak dilaporkan oleh warga selama periode 1 Januari s.d 30 Mei 2016 yang meliputi permasalahan pelanggaran, dengan jumlah laporan sebanyak 29,363 laporan sampah sebanyak 27,404 laporan parkir liar sebanyak 18,855 laporan fasilitas umum sebanyak 18,577 laporan kemacetan 12,963. banyak juga ya yang sudah lapor. Teman-teman mau lapor juga? Gampang aja, tinggal download di playstore HP teman-teman dan install deh, mudah kan? "Gitu aja kok repot".

Aplikasi Qlue sudah diterapkan 100% loh teman-teman oleh kelurahan DKI Jakarta. dan mudah-mudahan bisa juga diaplikasikan oleh seluruh Pemda di seluruh Indonesia. Di tunggu juga laporan dari teman-teman ya, karena 1 laporan teman-teman akan merubah Indonesia lebih indah. Demikianlah info yang bang garenk sajikan ke teman-teman, semoga bermanfaat ya. Thanks a lot

0 komentar:

Post a Comment